Menjadi Wanita Sukses yang Dicintai

Sukses, sering diidentikkan dengan kehidupan di luar ru­mah. Baik di tempat bekerja, sekolah atau kampus, dan juga organisasi; entah itu bersifat keagamaan, kemasyarakatan, ataupun politik. Dan, sukses pun menjadi identik dengan karir. Padahal, kesuksesan da­lam kehidupan rumah tangga jauh lebih penting dan bernilai artinya bagi seorang manusia.
Bagi wanita, sukses adalah sebuah angan yang mahal. Karenanya banyak wanita ber­usaha keras menggapai se­buah kesuksesan, hingga ia dapat memberikan rasa ba­hagia tersendiri di hati dan menanamkan rasa percaya pada diri sendiri. Lebih dari itu, kesuksesan dapat mendorong semangat bekerja tak kenal lelah dan kemauan untuk selalu maju.
Namun, apalah arti sebuah kesuksesan tanpa cinta. Te­rasa hampa hidup ini jika orang-orang di sekeliling tak mencinta.
Dan karenanya adalah se­buah dambaan sangat mulia, menjadi wanita yang sukses dalam karir, dicintai suami dan anak-anak, dicintai orangtua dan saudara-saudara, disukai teman-teman, dan disukai di masyarakat.
Pertanyaannya, jika anda adalah seorang ibu dari dua orang anak yang masih kecil, orangtua tunggal, dengan utang menumpuk, beranikah anda bermimpi menjadi wanita sukses?
Berdasarkan logika, ma­ka tak banyak yang berani men­jawabnya. Tetapi  berda­sarkan pengalaman hidup dan bangkit dari keterpurukan hingga men­jadi pengusaha besar, banyak kisah wanita sukses terjadi.
Dengan hal ini karenya mari merumuskan kiat-kiat un­tuk menjadi wanita sukses. Karena kiat-kiat itu dapat digali dari karakteristik unik wanita itu sendiri, yang alih-alih men­­­jadi kelemahan, namun se­sungguhnya merupakan keku­atan untuk meraih kesuksesan usaha, kesuksesan financial, dan kebahagiaan pribadi ten­tunya.
Bahwa menjadi wanita yang selalu kekurangan waktu memang sangatlah tidak menyenangkan, terlebih bila waktu luang anda hanya dihabiskan untuk mengurusi segala keperluan kantor atau hanya untuk bergelut dengan segala aktivitas rumah tangga mengurus suami dan anak-anak sehingga seringkali beberapa aspek kehidupan anda yang lain terabaikan. Dan karena itu,  seorang wanita akan dianggap sebagai wanita yang sukses dalam hidupnya apabila berhasil berinteraksi dengan segala aspek dalam hidupnya baik kepada sesama manusia ataupun kepada Tuhan yang Sang Pencipta.
Beberapa hal yang layak diperhatikan apabila ingin suk­­ses sebagai wanita dalam kehidupan ini antara lain:
1. Kesadaran diri. Sadarilah dan ingatlah bahwa seberapa pun he­batnya anda dalam karier, anda tetaplah se­orang wanita dengan berbagai ke­terbatasan yang anda miliki, anda bukanlah super women yang selalu bisa mengerjakan tugas-tugas anda sendirian tanpa adanya bantuan dari orang lain, jangan ragu un­tuk berbagi atau men­delegasikan tugas de­ngan rekan kerja atau dengan suami dan anak-anak dirumah untuk meminta membantu an­da dalam me­ngerjakan se­su­atu ka­rena sebagai makhluk sosial anda tidak bisa hidup sendiri.
2. Buat batasan yang jelas. Berbaurlah de­ngan teman sekerja atau dengan keluarga, jangan terlalu sering absen pa­da setiap acara-acara kan­­tor atau pada per­temuan keluarga, Ber­interaksi so­si­al sangatlah penting, berkumpullah dengan te­man-teman wanita an­da dan menghabiskan waktu bersantai seperti ke salon kecantikan atau pergi berbelanja ke toko-toko baju atau bahkan sekedar berbagi cerita mengenai berbagai hal yang ringan-ringan seperti membicara­kan mengenai   produk-pro­duk ke­cantikan.
3. Atur Jadwal. Tetapkan batas waktu untuk setiap pekerjaan, ketika waktunya beristirahat dan bersantai  anda harus beristirahat dan biarkan pekerjaan tersebut dilanjutkan esok hari dengan demikian hidup anda akan lebih teratur dan kinerja menjadi lebih produktif.
4. Konsentrasi dan focus. Utamakan kualitas dan kuantitas serta fokus dalam setiap mengerjakan sesuatu, usahakan mengerjakan sesuatu tepat pada waktunya sehingga hasilnya akan lebih baik.
5. Profesional. Jangan pernah mencampurkan segala urusan yang bukan pada tempatnya, jangan melibatkan segala urusan kantor dengan urusan rumah tangga juga sebaliknya.
6. Tepati Janji. Hati-hatilah dengan janji yang anda ucapkan karena hal itu akan menjadi ukuran sampai dimana keluhuran budi seseorang.
7. Penyakit hati. Jangan pernah memelihara penyakit hati seperti iri dengki dan cemburu atas apa yang telah dimiliki dan dicapai orang lain karena hanya akan membuat kita terpuruk, seharusnya keberhasilan orang lain da­pat menjadi motivasi agar kita berusaha lebih baik lagi sehingga bisa berhasil dengan seperti orang tersebut.
8. Hindari gossip.  Hindari gosip sebisa mungkin walaupun gosip itu benar adanya ataupun hanya rumor yang beredar, karena gosip akan merusak hubungan anda dengan teman maupun tetangga, membuat suasana menjadi tidak har­monis.
9. Berbagi. Budayakan selalu berbagi dan tolong menolong kepada sesama baik itu materi maupun sekedar memberi motivasi kepada orang yang sedang kesusahan, tunjukkan selalu sikap empati kepada sesama.
10. Ikhlas dan bersyukur. Selalu ikhlas dan menerima dengan lapang dada kondisi apapun yang sedang kita hadapi, bersyukurlah atas segala nikmat Tuhan yang telah diberikan dan berserah dirilah selalu pada Sang Khalik agar kita tidak merasa terpuruk.
Terakhir, kunci dari suk­sesnya hidup seseorang adalah berawal dari mental, maka yakinlah anda bisa menjadi wanita yang sukses dalam setiap aspek kehidupan anda.

(belantara/AS – dari berbagai sumber)

Posted on April 23, 2012, in Wanita & Kesehatan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: