TNI AD Tingkatkan Kemampuan Intelejen

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Pramono Edhi Wibowo mengatakan, TNI AD akan meningkatkan kemampuan intelejennya guna mengantisipasi ancaman terorisme. “Kita berkeinginan meningkatkan kemampuan satuan intelejen dalam rangka pemantauan, khususnya terorisme di daerah”, kata Pramono Edhie di sela rapat Pinmpinan TNI Angkatan Darat tahun 2012, di Jakarta, belum lama ini.
KSAD mengatakan renca­na peningkatan kemampuan personel TNI AD itu ju­ga meliputi komando kewi­layahan yang dimulai dari ting­kat babinsa hingga Komando Daerah Militer (Kodam).
“Akan ada latihan khusus tingkat brigade, yang diikuti tiga batalyon beserta satuan penduku dan latihan antar kecabangan Angkatan Darat”, kata Pramono Edhie.
Terkait potensi ancama yang seringkali muncul di wilayah perbatasan Indonesia, Pramono Edhi mengatakan, penggelaran operasisatuan Angkatan Darat sudah menjangkau berbagai titik rawan perbatasan.
“ Kalau di Papua kita ada empat batalyon, Kalimantan dua batalyon, juga satu batalyon masing-masing dekat perbatasan Timor Leste dan wilayah rawan konflik di Ambon, Katanya lagi.
Menurut Pramono Edhi semua itu dilakukan dalam rangka menjaga kedaulatan sambil meningkatkan kewaspadaan semua rakyat Indonesia yang ada di perbatasan.
“ Saya bisa pastikan nasionalisme rakyat yang tinggal d I perbatasan itu sangat tinggi, kedaulatan tetap milik kita. Kalau soal ancaman, pada prinsipnya kita masih berprinsip bahwa Negara tetangga itu masih kawan, sehingga upaya penyelesaian konflik secara damai tetap diutamakan” tegasnya.
Wilayah komando TNI Aangkatan Darat saat ini terbagi menjadi 19 komando Daerah Militer (kodam) yang tersebar mulai wilayah paling barat, Kodam Inskandar Muda hingga Kodam XVII/Cendrawasih di Papua. (Belantara/berbagai sumber)

Posted on April 25, 2012, in TNI / POLRI. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: